Minggu, 06 Mei 2012

Tips Sehat di Depan Komputer


Saya yakin sobat kantong-sebagian besar- pasti sudah tahu isi tips ini, tapi masihkah kalian mengingatnya dan sudahkah di praktikkan ? jika belum, silakan di simak dan bagi yang sudah tahu tidak apa lah membaca ulang untuk semakin memahami (anggap saja latihan membaca..ehehe :) )
Kalau terlalu lama di depan komputer apa sih yang ada di Pikiran sobat Kantong Goresan?  Kalau saya sendiri masalah mata ehehe J (bercermin pada mataku yang minus). Jika kita sering berlama-lama, mata akan terasa perih akibat paparan radiasi cahaya yang dipancarkan monitor (mata menjadi kering). Kemudian biasanya yang saya alami menjadi susah tidur, badan terasa letih, kaku, dan sebagainya. Untuk menghindari dampak negatif tersebut,  berikut tips singkat yang bisa sobat Kantong Goresan terapkan. :)

1.       Jangan terlalu lama di depan komputer
Kayaknya saran pertama ini sangat sederhana, tetapi saya yakin dalam penerapannya sangat sulit, jujur saya sendiri sering lupa waktu jika terlalu lama di depan komputer. Usahakanlah jangan terlalu lama di depan komputer. Aturlah waktu antara menggunakan komputer-di depan komputer- dengan jeda atau waktu istirahat. Waktu yang baik antara 2-3 jam dengan jeda 15-30 menit. Kita bisa menggunakan aplikasi alarm atau pengingat di komputer. 

2.       Jeda untuk rileksasi dan peregangan
Ketika kita memberikan jeda dalam menggunakan komputer, usahakan jeda tersebut dimanfaatkan secara maksimal. Lakukanlah peregangan singkat seperti menggerakkan tangan, meluruskan kaki, memejamkan mata dan sebagainya, sekalian bisa mencari inspirasi J. Rilekskan pengelihatan dengan melihat benda-benda berwarna menyejukkan seperti bunga yang bermekaran, dan tumbuhan hijau.

3.       Atur jarak mata dengan monitor
Jarak antara mata dengan monitor haruslah seimbang, jangan terlalu dekat dan terlalu jauh, jika terlalu jauh ya..tidak kelihatan apa-apa ehehe J. Jarak yang baik > 30 cm tetapi perlu disesuaikan dengan besarnya layar komputer. Biasanya jika mata tilau maka pelu menambah jarak antara layar monitor dengan mata.

4.       Posisi duduk
Usahakan jangan menggunakan komputer (netbook/notebook/tablet) dalam posisi tiduran. Duduklah dikursi dan letakkan komputer di atas meja agar bisa bergerak lebih leluasa-tubuh tidak terbebani dan menjadi kaku-. Usahkan kaki menapak di lantai sehingga nyaman saat menggunakan komputer-kaki tidak keram atau kesemutan.

5.       Gunakan alat pelindung mata.
Alat pelindung mata yang dimaksud di sini bisa berupa filter anti radiasi yang diletakkan di depan layar komputer-menutupi-, kemudian gunakan alat bantu pengelihatan seperti kaca mata baca atau kaca mata anti ultra violet

6.       Hati-hati menggunakan.
Gunakan komputer sesuai prosedur yang disarankan-baca di panduan menggunakan komputer- sehingga tidak merusak komponen komputer dan tidak membuat pengguna stress (komputer mahal-mahal menjadi rusak J). Jauhkan komputer dari air karena air dapat merusak komponennya serta pengguna bisa kesetrum :) ehehe

7.       Makan dan minum.
Makanlah makanan empat sehat lima sempurna.  Usahakan makan makanan yang mengandung vitamin A dan C seperti buah Jeruk dan sayur wortel, sehingga bisa mereduksi paparan radiasi yang mengenai mata. Jika bisa, rutinlah mengkonsumsi multivitamin. Minumlah air bersih yang tentunya telah di proses atau diolah sesuai prosedur kesehatan.  Air mampu melarutkan senyawa negatif dalam tubuh. Saya sarankan seringlah minum air kelapa segar, selain menyehatkan juga bisa melancarkan pembuangan racun di dalam tubuh.

8.       Ingat kebersihan
Kunci dari kesehatan adalah kebersihan. Komputer yang terlihat tidak berbahaya bisa saja menjadi sarang mikroorganisme berbahaya seperti pada keyboard. Gunakan pembersih yang terpercaya. Selain harus menjaga kebersihan alat dan tubuh kita harus menjaga kebersihan pikiran. Hindari berpikiran kotor atau negatif. Gunakan komputer untuk mengakses hal-hal positif yang bisa menunjang kehidupan-bukan hanya main game atau download video tak pantas.

9.       Berdoa
Sebagai umat beragama, kita wajib melakukan doa. Dengan doa fikiran akan menjadi lebih tenang sehingga terhindar dari stress. Stress dapat meningkatkan kemungkinan tubuh-tubuh menjadi rentan- terpapar radiasi lebih besar dari keadaan normal. Serta dengan doa semoga Tuhan memberkati kegiatan yang dilakukan. Doa yang umum sih...semoga tugas saya cepat selesai :).
Demikian anrikel pertama yang saya buat. Saya mohon maaf jika artikel ini terlalu bertele-tele, dan tidak tepat sasaran. Kritik dan saran dari para bloger mania maupun mengunjung Kantong Goresan sangat saya harapkan. Semoga bisa bermanfaat :)


Rendang, 5 Mei 2012
Trianandika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar